Belajar Bahasa C: Konsep Dasar

C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa membuat kita memberi perintah yang spesifik untuk komputer. C ditemukan sekitar tahun 1972 yang membuatnya menjadi salah satu bahasa tertua. Meskipun cukup tua, C merupakan bahasa yang paling banyak digunakan saat ini.

Dengan belajar bahasa C, kita akan mudah belajar bahasa baru seperti C++, Java, C#, Javascript karena sintaks yang hampir sama.

Keuntungan belajar C:

  • Mudah dipelajari.
  • Memudahkan untuk mempelajari bahasa baru.
  • Masih banyak yang menggunakan bahasa C sampai sekarang.
  • Bisa digunakan di berbagai platform.
  • Bisa digunakan untuk membuat aplikasi, mengembangkan game, merancang OS dan compiler.

Untuk menggunakan bahasa C, kita perlu menulis kode (source code) yang sesuai dengan project kita. Setelah itu, ada compiler yang akan menerjemahkan kode tersebut ke bahasa yang mesin ketahui. Compiler juga akan memeriksa jika terdapat kesalahan (error) pada kode.

Oleh karena itu, sebelum menulis kode, kita membutuhkan IDE untuk mempermudah proses penulisan. IDE adalah aplikasi code editor yang sudah ada compiler-nya. IDE untuk bahasa C yang dapat kita gunakan adalah Code::Block atau DevC++.

Daftar isi

Struktur Bahasa C

Program “Hello, World!” dalam bahasa C:

#include <stdio.h>
int main(){
    printf("Hello, World!\n");
    return 0;
}

Header File

Baris paling atas program adalah preprocessor directive dengan # sebagai awalnya. Pada program tersebut, preprocessor #include akan menjelaskan bahwa program menyertakan file <stdio.h>. <stdio.h> ini merupakan header bawaan C memiliki fungsi penting untuk program.

Header ini penting karena memuat fungsi INPUT-OUTPUT yang tanpanya, program tidak akan berjalan. Untuk mengingatnya saja, <stdio.h> kepanjangan dari standard input-output, dan (dot)h menandakan bahwa itu merupakan file header. Misalnya pada program, kita menggunakan printf()untuk mencetak "Hello World!".

Fungsi main()

Fungsi main() (baris 2-5) adalah fungsi utama yang harus ada dalam bahasa C. Karena program akan menjalankan fungsi ini pertama kali. Pada baris kedua, terdapat nama fungsi dan tanda { yang menandakan awal dari fungsi tersebut.

Pada baris terakhir, ada } yang menandakan akhir dari fungsi. Potongan kode yang ada pada fungsi main() berada di antara kedua tanda kurung kurawal.

Statement

Dalam program, statement adalah perintah yang memiliki makna tertentu yang menyebabkan program melakukan suatu aksi. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya ayah memintamu membantu menangkat meja. Tentu saja ayah akan berbicara menggunakan sebuah bahasa yang juga kita pahami.

Atau dalam sebuah program, kita bisa memerintahkan komputer untuk meminta input dari pengguna kemudian memprosesnya, misalkan mencari FPB dan KPK dari input tersebut. Pada contoh program, statement terdapat pada baris ketiga dan keempat.

Baris ketiga program akan mencetak sebuah keluaran, sedangkan baris keempat untuk mengakhiri program. Baris keempat sebenarnya bersifat opsional, sehingga tidak wajib menuliskannya.

Titik Koma (;)

Titik koma pada program menandakan akhir dari sebuah perintah. Misalnya setiap kita selesai menjumlahkan nilai, mencetak nilai dan meminta sebuah masukan. Tanpa titik koma, perintah akan mengalami eror sehingga program tidak akan berjalan.

Komentar

Komentar (comment) merupakan bagian dari program yang akan memudahkan manusia untuk memahami program karena biasanya berisi deskripsi penjelasan. Namun, ini hanya berlaku untuk manusia karena mesin (komputer) tidak akan membaca/mengeksekusi komentar.

Terdapat dua jenis komentar, yaitu single-line dan multi-line. Seperti masing-masing namanya, single-line hanya bekerja pada satu baris saja. Sedangkan multi-line merupakan komentar yang bekerja pada lebih dari satu baris.

#include <stdio.h>
int main(){
    //Ini komentar single-line

    printf("Hello, World!\n");
    return 0;

    /*
    Ini komentar lebih dari
    satu baris karena
    ini adalah multi-line
    */

}

Whitespace

Pada potongan kode terakhir, terdapat baris kosong pada baris 4, 7 dan 13. Adanya tempat kosong ini dengan tujuan memudahkan pembacaan kode selain dengan komentar.

Selain satu baris kosong (new line), ada juga space dan tab. Contoh whitespace tab berada di dalam fungsi main() yang seakan menjelaskan bahwa itu merupakan bagian dari sebuah fungsi. Akan lebih jelas ketika sudah sampai pada program lebih lanjut.

Keyword dan Identifier

Keyword merupakan kata-kata yang sudah terdapat pada program (bawaan). Kata-kata tersebut memiliki makna pada compiler dan merupakan sintaks dari program.

Biasanya pada suatu IDE, kata yang merupakan keyword akan memiliki warna (tergantung software/tema yang digunakan).

auto double int struct
break else long switch
case enum register typedef
char extern return union
const float short unsigned
continue for signed void
default goto sizeof volatile
do if static while

Karena kata-kata tersebut memiliki makna bagi program, maka kita tidak bisa menggunakannya sebagai identifier.

Sementara itu, identifier adalah nama unik yang programmer tulis untuk menandakan variabel, fungsi, struktur dll. Misalnya:

int absen, nilai, uang_saku;

absen, nilai dan uang_saku merupakan identifier, sedangkan int adalah keyword. Ada aturan dalam menulis identifier:

  1. Bukan merupakan keyword.
  2. Hanya boleh terdiri dari huruf, angka dan garis bawah ( _ ).
  3. Tidak boleh mengandung spasi.
  4. Tidak boleh diawali dengan angka.
  5. Bersifat case-sensitive.

Variabel dan Tipe Data

Variabel adalah suatu tempat untuk menampung nilai atau data pada memori yang nilainya dapat berubah selama program berlangsung/berjalan.

Karena selama berjalan itu program akan mengolah data, maka program perlu menyimpannya. Tempat untuk menyimpan data inilah yang bernama variabel.

Variabel juga perlu diberi nama untuk membedakan data satu dengan lainnya. Penamaan variabel bebas selama mengikuti aturan sebagai identifier. Variabel dapat menyimpan berbagai jenis data seperti angka, teks, angka desimal dll.

Program dapat menyimpan berbagai jenis data. Oleh karena itu, untuk membedakan jenisnya ada yang namanya tipe data.Tipe data dasar C

Untuk mendeklarasikan beberapa variabel bisa dengan

[tipe data 1] [nama variabel 1];
[tipe data 2] [nama variabel 2];

Atau jika kedua variabel memiliki tipe data yang sama, bisa juga ditulis dengan

[tipe data] [nama variabel 1],[nama variabel 2];

Jika kita ingin memasukkan nilai sebuah variabel dari awal, cukup tambahkan = [nilai] setelah nama variabel. Misalkan x bernilai 5, sedangkan nilai y awal belum diketahui, maka:

int x = 5, y;

Konstanta

Konstanta merujuk pada sebuah nilai yang tetap (tidak berubah). Kita bisa membuat konstanta sendiri ataupun sudah ada dari awal (bawaan).

Ada dua cara untuk mendefinisikan variabel konstan, yaitu dengan keyword const atau dengan menggunakan #define.

#define PI 3.14
const float PI = 3.14

Dari keduanya cukup pilih salah satunya saja.

Input dan Output

Untuk menerima input dan menampilkan output, C menyediakan library <stdio.h> (standard input output). Input dan output sangat penting karena umumnya data-data berasal dari user yang memang tidak ditentukan di awal. Setelah itu, program akan memproses input tersebut untuk menampilkan hasilnya kemudian.

Fungsi yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna adalah scanf() dan printf() untuk keluaran. Contoh program

#include <stdio.h>
int main(){
    int usia;
    scanf("%d",&usia);
    printf("usia = %d\n",usia);
}

Untuk meminta masukan dan mencetak keluaran dalam c, perlu adanya format specifier. “\n” pada program akan mencetak newline atau enter saat kita menulis dengan Microsoft Word. Perlu diingat juga bahwa perlu ‘&’ di depan variabel yang ingin kita isi nilainya.

Operator

Operator adalah sesuatu yang dapat melakukan operasi pada variabel atau nilai. Ada beberapa macam operator, seperti unary untuk satu operan (variabel/nilai), binary untuk dua operan, ternary untuk tiga operan.

Share Now:

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Langganan

Subscribe To Our Newsletter

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x